Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli Motor


Bagi seorang pengendara sepeda motor tentu saja harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan pergantian oli mesin motor. Ganti oli motor secara rutin tentu saja termasuk ke dalam salah satu bentuk perawatan terhadap motor.

Oli motor

Dengan melakukan perawatan yang rutin dan juga teratur tentu saja bisa membuat motor akan berumur panjang dan juga tahan lama. Lalu kira-kira kapan sih waktu ganti oli motor yang tepat? berapa bulan sekali? atau berapa km dulu baru diganti?

Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli Motor

Dalam mesin motor terdapat beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk menghasilkan tenaga untuk motor tersebut sehingga motor bisa berjalan dengan baik. Fungsi oli sendiri adalah untuk melindungi komponen-komponen pada mesin tersebut agar awet dan tidak mudah rusak karena proses gesekan yang terjadi pada mesin tersebut. Oli mesin akan mengalami penyusutan seiring dengan dipakainya motor, nah untuk itu tentu saja oli mesin pada motor wajib diganti secara rutin. Penggantian secara rutin oli mesin ini tentu saja agar komponen-komponen yang ada di dalamnya bisa terjaga dan tidak mudah rusak.

Ganti Oli Mesin Saat Sudah 1500 km

Agar mesin kendaraan motor kita bisa bertahan lama, lebih baik anda melakukan pergantian oli motor berdasarkan jarak tempuh. Kebanyakan orang yang masih awam akan menjadikan bulan atau waktu sebagai acuan pergantian oli motor.

Namun sebenarnya yang lebih tepat untuk dijadikan acuan adalah jarak tempuh yang sudah dilalui motor tersebut. Idealnya pemakaian oli akan tertera di bungkus atau kemasan petunjuk pemakaiannya, biasa nya sih antara 1500 sampai 4000 km.

Jika anda sehari menempuh jarak paling tidak 20-50 km per hari, maka sebaiknya anda mengganti oli mesin setiap 1.5 bulan sekali. Sementara jika anda menempuh jarak diatas 50 km dalam sehari, maka anda bisa mengganti oli mesin sebulan sekali. Jika anda adalah seorang ojek online atau orang yang menggunakan motor dengan jarak tempuh sampai 200 km per hari, maka sebaiknya anda ganti oli motor setiap dua minggu sekali.

Saat Tarikan Berat Dan Suara Motor Kasar

Selain itu anda juga harus mengetahui tanda-tanda lainnya ketika oli motor harus segera diganti. Jika motor sering digunakan untuk jalanan yang menanjak atau sering melewati jalanan yang tergenang oleh air sebaiknya anda melakukan pergantian oli mesin lebih cepat dari biasanya. Tanda lain yang menunjukan waktu ganti oli motor adalah ketika tarikan motor sudah berubah menjadi lebih berat dan juga menimbulkan suara yang lebih kasar dari sebelumnya, maka anda harus segera melakukan pergantian oli mesin motor.

Banyak juga mekanik yang menyarankan untuk melakukan pergantian oli mesin motor lebih cepat dari waktu yang sudah ditentukan. Tentu saja ini untuk menghindari oli motor yang kering atau bahkan habis. Melakukan pergantian oli motor secara disiplin tentu saja akan bermanfaat untuk menjaga performa dari kendaraan anda.

Efek Telat Ganti Oli Mesin Motor

Oli mesin memiliki peran yang sangat penting dalam kendaraan, hal ini karena oli mesin menjadi pelumas dari gesekan yang terjadi pada komponen mesin motor. Oleh sebab itu jangan sampai kita membiarkan oli mesin kering atau bahkan sampai habis. Berikut adalah beberapa efek dari telat ganti oli mesin motor yang harus kalian ketahui.

Komponen Mesin Menjadi Aus

Oli mesin adalah pelumas untuk kendaraan, terutama pada bagian mesin kendaraan. Jika tidak ada pelumas tentu saja gesekan-gesekan yang terjadi pada mesin kendaraan tersebut akan membuat komponen-komponen pada mesin menjadi tergores dan aus. Jika komponen mesin sudah aus maka kinerja mesin juga tidak akan bisa bekerja secara normal lagi.

Mesin Jadi Overheat

Ketika di tengah-tengah perjalanan, tidak jarang kita akan menemukan motor atau mobil yang mengalami overheat atau terlalu panas. Sebenarnya penyebab dari mesin yang overheat ini ada banyak hal, namun yang sering terjadi adalah karena oli mesin yang kurang atau oli mesin benar-benar kering dan habis. Perlu anda ketahui jika oli mesin ini selain memiliki fungsi sebagai pelumas juga bisa berguna untuk mendinginkan mesin.

 

Komentar Anda